Dalam bisnis ecommerce, salah satu faktor penting yang mendukung pelayanan kepada konsumen adalah partner ecommerce logistics service yang berkualitas dan profesional. Namun demikian, untuk memaksimalkan pelayanan yang Anda berikan, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Ada tidaknya perjanjian kerjasama dan jangka waktunya

Ketika Anda ingin bekerjasama dengan pihak ketiga untuk masalah pengiriman barang, pastikan dulu ada tidaknya perjanjian kerjasama yang akan menguntungkan kedua belah pihak dan jangka waktunya, terlebih ketika Anda menggunakan lebih dari satu jasa pengiriman. Ketika Anda memiliki perjanjian yang jelas, Anda bisa meminimalkan kemungkinan kerugian material maupun non material yang mungkin terjadi saat pengiriman barang mengalami kendala.

Kebijakan khusus partner jasa kirim

Sebelum memastikan ingin bekerjasama dengan sebuah perusahaan jasa kirim, ketahui lebih dulu kebijakan yang berhubungan dengan beberapa hal, seperti:

  • Asuransi dan kompensasi untuk kondisi barang kiriman

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah ada tidaknya asuransi atau kompensasi yang bisa diberikan oleh penyedia jasa pengiriman apabila kondisi barang yang sampai ke konsumen ada yang rusak atau kurang. Dengan kepastian akan hal ini, Anda bisa menjamin kualitas layanan yang diberikan pada konsumen tetap berjalan baik.

  • Kompensasi keterlambatan pengiriman

Ketika Anda melayani pengiriman barang tidak hanya ke satu kota tetapi juga kota lain berbeda provinsi, tentu akan ada kemungkinan keterlambatan karena kondisi alam atau faktor lainnya. Itu sebabnya, Anda perlu memastikan apakah pihak ketiga sebagai penyedia jasa pengiriman memiliki sistem kompensasi terkait keterlambatan pengiriman agar kepercayaan konsumen kepada Anda tidak berkurang.

  • Ada tidaknya sistem subsidi atau retur barang

Setiap perusahaan pengiriman umumnya memiliki kondisi tertentu terkait sistem subsidi atau retur barang yang mengalami kerusakan selama perjalanan pengiriman. Untuk hal ini, pastikan lebih dulu pada partner e-commerce logistics service, seperti apa model retur barang yang bisa dilakukan dan berapa lama jangka waktunya setelah barang sampai di tempat konsumen.  

Metode kirim yang tersedia

Penyedia jasa kirim yang Anda ajak kerjasama untuk meningkatkan pelayanan ecommerce, setidaknya mendukung juga metode bayar atau metode kirim yang Anda pasang di ecommerce. Misalnya saja untuk metode kirim dengan sistem bayar COD atau sistem kirim kargo dengan biaya yang bisa mendapat diskon poin atau metode lain. Dengan kepastian akan hal tersebut, Anda bisa memaksimalkan penjualan produk melalui ecommerce. 

Jenis barang yang disetujui pengirimannya oleh jasa kirim

Setiap produk yang dijual melalui ecommerce umumnya memiliki kriteria yang perlu juga disesuaikan dengan partner e-commerce logistics service. Misalnya saja untuk bahan kimia atau produk lainnya, seperti senjata tajam atau suvenir kaca. Hal ini perlu juga dipastikan untuk menjaga keamanan dan kualitas produk sampai ke konsumen. Dengan begitu, kita tidak perlu melakukan metode marketing konvensional untuk mendukung peningkatan penjualan produk.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *