Setelah membeli mesin waffle maker di tempat jual waffle maker, umumnya hal apa yang akan Anda lakukan? Hal tersebut tentunya berkaitan dengan pembuatan waffle sendiri bukan. Pasalnya setelah membeli alat baru, tentunya Anda ingin membuktikan bagaimana kualitas yang diberikan olehnya dengan cara mencobanya. 

Bagi Anda yang tidak ingin gagal saat pertama kali membuat waffle, maka pastikanlah untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini : 

  • Persiapkan dengan baik waffle maker yang akan digunakan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat waffle dengan sempurna adalah memperhatikan waffle maker yang akan digunakan. Dalam hal ini ada jenis waffle maker yang membutuhkan minyak atau bahkan mentega sebelum digunakan. Namun ada pula di antaranya yang menggunakan teknologi terkini, sehingga tidak membutuhkan penggunaan minyak atau bahkan mentega itu tadi. 

  • Buat adonan anti lengket 

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah adonan yang digunakan. Jika adonan yang sering Anda buat seringkali menjadikan waffle lengket atau menempel pada wajan dan tidak mudah dilepaskan. Untuk bagian selanjutnya pastikan Anda menambahkan minyak atau mentega ke dalam adonan tersebut, sehingga ia pun dapat dilepaskan dengan mudah. 

  • Pisahkan bagian antara kuning dan putih telur 

Untuk menghasilkan adonan waffle yang baik, seperti halnya lapisan tipis dan terasa lembut maka pastikan untuk memisahkan bagian putih dan kuning telur. Bagian kuning telur sebaiknya dimasukkan pada adonan basah. Sedangkan bagian putih telur sebaiknya dikocok hingga adonan berbusa dan mengembang, atau Anda dapat menggunakan bantuan spatula untuk memasukkan adonan putih telur pada bagian akhir pembuatan. 

  • Jangan mengaduk adonan dengan kasar 

Mendapatkan adonan waffle yang baik dan pas memang cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi jika Anda seorang pemula. Karena itulah sebaiknya Anda mengocok adonan dengan sabar, hindari mengocok secara kasar. Kemudian pastikan untuk mencampur adonan basah dengan kering hingga adonan mengempis dan terlihat dengan tampilan tekstur yang halus

  • Ganti buttermilk dengan susu

Dari sekian banyak resep yang dianjurkan dalam membuat waffle. Beberapa di antaranya menganjurkan Anda untuk menggunakan buttermilk. Padahal Anda juga dapat mengganti bahan tersebut dengan menggunakan susu. Meskipun memiliki tekstur yang berbeda, namun susu tetap dapat Anda gunakan. 

  • Hindari angkat tutup terlalu cepat 

Bagian selanjutnya yang sebaiknya tidak Anda lakukan adalah mengangkat tutup waffle maker ketika tengah membuat waffle. Pasalnya jika Anda mengangkatnya terlalu cepat, maka adonan waffle yang dibuat pun dapat berubah menjadi robek. Untuk mengetahui waktu yang tepat saat mengangkat tutup waffle maker, Anda dapat melihatnya melalui lampu atau bahkan suara yang dihasilkan. 

  • Perhatikan uap yang dihasilkan  

Jika alat waffle maker yang Anda gunakan tidak memiliki indikator lampu atau bahkan suara yang menandakan tingkat kematangan. Anda dapat melihatnya melalui uap yang dihasilkan. Jika uap telah berhenti, maka Anda dapat mengangkatnya dan menyajikan waffle yang telah matang. 

Demikian beberapa tips mudah membuat waffle anti gagal setelah membeli alat pembuatnya di tempat jual waffle maker berkualitas. 

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *