Diantara berbagai macam jenis atap yang ada sekarang ini atap polycarbonate gelombang, biasanya paling banyak dijadikan sebagai salah satu atap yang digunakan di rumah atau juga bangunan lainnya. Atap yang satu ini mempunyai banyak kelebihan, lantaran keutamaan bahan yang digunakan.

Apa itu atap polycarbonate

Sebenarnya apa itu atap polycarbonate gelombang, ini adalah salah satu produk atap yang bahannya terbuat dari jenis thermoplastic polymer. Keutamaan bahan yang satu ini, mempunyai sifat yang sederhana, mulai dari proses pengerjaan, mudah dicetak, dan mudah dibentuk ketika panas.

Sifat dari bahan yang satu ini juga terbilang kuat, ringan, transparan, tahan lama, bahkan termasuk ketika cuaca sedang ekstrem. Saat ini, bahan yang dimaksud, terbilang bahan favorit, pengganti kaca. Sejak dipatenkan pada tahun 1953 di Bayern, kepopuleran bahan yang satu ini, terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Apalagi, produk atap yang satu ini, cukup transparan dan mampu menyalurkan cahaya secara alami. Ini yang membuat atap seringkali fungsikan sebagai pengganti kaca untuk atap rumah.  

Fungsi atap polycarbonate

Seperti namanya atap polycarbonate, sudah pasti, material yang satu ini, digunakan sebagai pengganti atap, yang biasanya menggunakan bahan tanah liat. Lantaran atap yang satu ini mampu mentransmisikan cahaya ke dalam ruangan dengan baik, maka atap yang satu ini pas jika digunakan sebagai atap kanopi, atau untuk jemuran, atap untuk rumah kaca, atap untuk ruang teras (terutama teras belakang), dan ruang lainya. Selain dapat digunakan untuk rumah tangga, atap yang satu ini juga dapat digunakan sebagai atap bangunan, seperti teras depan bagunan, atau yang lainnya.  

Keutamaan atap polycarbonate   

Jika membahas tentang kekuatan, maka kekuatan pada bahan atap polycarbonate ini terbukti sangat baik, dan kuat. Sudah menjadi rahasia umum, bahan polycarbonate ini mempunyai daya tahan yang kuat. Contohnya saja untuk atap dengan ketebalan 3 mm. Atap tersebut, tidak akan mengalami kerusakan, ketika terkena bola seberat 4 kg yang jatuh dari ketinggian 9,5 meter, selama 3 kali berturut-turut. Dengan keunggulan itu pulalah, bahan yang satu ini sering digunakan sebagai tameng polisi, jendela pada pesawat terbang, dan keperluan lainnya, terutama yang jenisnya lurus.

Selain unggul dalam hal kekuatan, bahan yang satu ini juga sifatnya transparan, bahkan kualitas kejernihan atap tersebut, dapat disejajarkan dengan kaca. Material polycarbonate ini, mempunyai kekuatan yang 200 kali lebih baik dibanding kaca, dan 300 kali lebih kuat ketimbang bahan akrilik. Namun bahan yang satu ini, bobotnya 10 kali lebih ringan dibanding kaca. Ini yang nantinya mampu menghantarkan cahaya secara cepat ke dalam ruangan. Yang perlu diingat adalah, bahan yang satu ini tidak meredam panas, hanya mampu menangkal radiasi sinar UV saja.

Kelebihan lain, dari penggunaan atap polycarbonate gelombang ini mudah untuk diaplikasikan. Artinya Anda tidak perlu menggunakan tukang khusus untuk memasang atap dari bahan polycarbonate tersebut.   

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *