Anda tentu tidak asing lagi dengan plat besi stainless. Di mana bahan ini banyak digunakan untuk membuat barang kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Bahkan Anda pun tidak akan kesulitan untuk menemukan toko yang menjual bahan ini dengan harga bervariasi.

Jenis-Jenis Plat Besi Stainless

Plat besi stainless disediakan dengan berbagai jenis. Di mana setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda-beda dan bisa digunakan untuk membuat peralatan dari yang paling sederhana hingga peralatan teknologi yang canggih. Berikut adalah beberapa jenis plat besi stainless yang perlu Anda ketahui.

  1. Martensitic Stainless Steel

Bahan ini adalah hasil kombinasi dari besi dan krom yang memiliki kandungan berupa karbon sekitar 35% dan krom yang hanya 1%. Karakteristik dari jenis plat ini adalah mampu menahan erosi yang sedang dan memiliki sifat magnetik. Sayangnya Martensitic Stainless Steel ini memiliki kemampuan las yang masih buruk. Plat ini umumnya digunakan untuk membuat pisau bedah, alat-alat bedah, dan alat makan.

  1. Ferritic Stainless Steel

Bahan ini tersusun dari karbon yang rendah dengan komposisi krom sebesar 10,5 hingga 18%. Karakteristik yang dimiliki oleh jenis plat ini adalah minim pabrikasi, dan tahan terhadap korosi, namun bahan ini tidak bisa dikeraskan dengan menggunakan panas. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat perlengkapan rumah tangga, knalpot, dan lis arsitektur.

  1. Austenitic Stainless Steel

Bahan plat besi stainless ini dibuat dari kombinasi besi, krom, nikel, dan mangan. Bahan ini juga tergolong kuat meskipun dikenai dengan suhu yang rendah. Kemudian Austenitic Stainless Steel juga memiliki karakteristik non magnetik dan biasanya digunakan untuk membuat oven, wastafel, dan sebagainya.

  1. Duplex Stainless Steel

Jenis lainnya dari plat besi stainless adalah Duplex Stainless Steel. Di mana jenis ini mengandung krom yang tinggi serta nikel yang rendah. Bahan ini memiliki karakteristik yang baik dalam menahan korosi dan juga mudah ketika dilas. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat teknologi-teknologi canggih seperti aplikasi kelautan, heat exchanger, dan sebagainya.

  1. Precipitation-hardening Stainless Steel

Untuk jenis plat besi stainless berupa Precipitation-hardening Stainless Steel terbuat dari bahan yang berupa besi, krom, dan nikel dengan tambahan bahan lain yang berupa titanium, boron, dan berilium. Bahan ini umumnya digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi ruang angkasa, komponen mekanik, dan sebagainya.

Beberapa jenis plat besi stainless tersebut bisa Anda jumpai dalam peralatan yang digunakan sehari-hari. Bagi Anda yang hendak menggunakannya, maka pastikan Anda mengetahui peralatan apa yang hendak dibuat dan jenis plat seperti apa yang cocok untuk membuat peralatan tersebut. Sehingga alat yang Anda hasilkan bisa berfungsi secara maksimal sesuai kebutuhan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *