Dalam proses pemasangan atap spandek memang harus diperhatikan mengenai beberapa aturan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar proses pemasangan dapat dilakukan dengan benar. Sehingga akan membantu dalam mendapatkan atap yang kokoh dan tidak mudah mengalami kerusakan. Hal ini karena pemasangan yang benar maka jenis atap yang seperti ini bisa bertahan hingga kurang lebih dua puluh tahun. Untuk itu hendaknya bagi Anda yang baru akan melakukan pemasangan jenis atap ini hendaknya harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan atap spandek yaitu

  • Pengukuran jarak untuk tumpuan

Dalam memasang atap spandek ini harus diperhatikan dengan seksama mengenai pengukuran jarak untuk tumpuan. Dalam pengukuran jarak ini terdiri dari panjang, lebar dan juga tinggi dari bangunan tersebut. Usahakan harus diukur dengan benar dan apabila Anda tidak memiliki kemampuan dalam hal mengukur. Akan lebih baik apabila Anda meminta bantuan kepada ahlinya. Tujuannya tentu saja agar dalam proses pemasangannya bisa lebih kokoh dan tahan lama.

  • Melakukan desain atap baja ringan

Sebagai alat untuk menopang atap spandek memang lebih cocok menggunakan atap baja ringan. Dengan demikian akan memaksimalkan kemungkinan terhindar dari serangan rayap. Namun hendaknya Anda harus mengetahui bahwa pemasangan atap baja ringan inilah yang harus dilakukan dengan benar. Hal yang harus diperhatikan salah satunya mengenai kemiringan yang dimiliki atap. Pastikan untuk memiliki kemiringan dengan benar. Jika kemiringan benar dalam proses pengukuran dan desainnya akan membantu air yang jatuh saat hujan akan mengalir sempurna.

  • Pemasangan rangka

Untuk proses pemasangan rangka hendaknya dilakukan dengan benar. Demi keselamatan bersama hendaknya para pekerja harus menggunakan alat pelindung dalam proses pemasangan. Beberapa alat keselamatan kerja yang dibutuhkan antara lain yaitu sarung tangan, kacamata dan juga masker. Dengan demikian akan membantu untuk memudahkan pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan.

  • Memasang reng

Reng untuk tumpuan dari atap spandek ini harus memiliki ukuran yang sesuai. Sehingga setiap rumah tentu saja memiliki jenis dan ukuran yang berbeda. Untuk dana yang lebih banyak bisa memilih jenis atap yang lebih tebal. Sedangkan untuk ukuran tentu saja harus didesain dan ditetapkan ukurannya. Mintalah profesional untuk mengukur segalanya agar menjadikan lebih maksimal dan sesuai.

  • Pemasangan atap

Untuk atap spandek hendaknya dilakukan dengan presisi, jangan terburu-buru dan ukuran yang sesuai. Dengan pemasangan yang demikian akan membantu menghindari adanya celah air hujan yang masuk saat hujan. Tentu saja hal ini akan menghindari kemungkinan kebocoran. Sehingga tak ada salahnya apabila Anda memasang pada saat musim kemarau agar seluruh pekerjaan dapat berjalan dengan lancar. Pada saat musim hujan bisa dicoba apakah adanya permukaan atap yang tidak sesuai. Sehingga harus langsung dilakukan perbaikan.

  • Proses akhir

Saat menentukan mengenai proses akhir dari sebuah pekerjaan tentu saja harus dicek satu persatu. Dengan demikian akan membantu untuk mendapatkan hasil terbaik. Pastikan untuk seluruh bagian sudah terpasang dengan kuat. Hal ini karena apabila ada yang terlewat dalam pemasangannya akan membantu untuk menghindari atap terbang saat ada angin.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *