Bagi Anda yang memiliki pekerjaan di bidang pembuatan minuman fermentasi, seperti wine, kombucha ataupun bir, atau memang hanya sekedar hobi untuk membuat minuman tersebut, tentunya kehigienisan adalah sesuatu yang wajib dimiliki. 

Entah itu higienis dari ruangan tempat yang digunakan, alatalat yang akan membantu dalam pembuatan, maupun proses fermentasinya. Demi mendapatkan hasil minuman yang sempurna, Anda harus benarbenar memiliki tiga elemen tersebut dalam kondisi yang steril. 

Seperti kita ketahui, bahwa fermentasi akan identik dengan kontaminasi jika tidak menerapkan prosedur kebersihan dan sterilisasi yang tepat. Selain itu, suhu yang tepat akan menghasilkan citarasa yang pas. Namun bagaimana Anda dapat mengukur suhu ketika cairan dari fermentan tersebut bahkan tidak bisa dimasuki oleh termometer dalam jangka waktu yang lama? 

Fermometer bisa menjadi solusinya. Fermometer adalah alat pengukur suhu pada olahan fermentasi yang kerjanya dengan cara ditempelkan pada bagian luar wadah fermentan. 

Bagaimana dengan keakuratan fermometer? 

Anda mungkin ragu apakah fermometer cukup efektif dan memiliki perhitungan yang akurat. Bagaimana tidak? Jika pada termometer suhu biasa, dalam menggunakannya haruslah dimasukkan ke dalam cairan yang akan diukur suhunya. Namun jika digunakan pada minuman yang melewati proses fermentasi, tentu saja ini akan sulit dilakukan karena dapat menyebabkan kontaminasi. 

Fermometer memiliki daya jangkau ukuran yang sangat dekat dengan ukuran sebenarnya. Soal keakuratan, fermometer hanya akan melenceng sekitar 0,0 sampai 0,5 derajat saja dari kondisi suhu di dalam tabung kaca tersebut. 

Apa yang perlu diperhatikan?

Fermometer tahan terhadap air, bukan berarti dia anti terhadap air. Ini dapat dengan mudah direndam ataupun dicuci dengan cara pencucian pembersihan manual. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa fermometer tidak boleh direndam untuk jangka waktu yang lama. 

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan air akan meresap di antara layerlayer yang terlaminasi tersebut dan dengan permanen akan memudarkan warna kristal. 

Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi! Cara terbaik untuk mendapatkan minuman fermentasi yang sempurna adalah dengan mendapatkan suhu yang tepat, dan fermometer adalah solusi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang mana adalah pembuat minuman fermentasi.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *