Dalam membangun sebuah hunian tentunya Anda tidak ingin melewatkan berbagai hal. Termasuk juga hal sekecil apapun. Mulai dari kerangka rumah, pasokan listrik, material bahan bangunan, termasuk juga perlengkapan pengairan seperti pipa. Salah satu pipa yang sering digunakan yaitu pipa sch 40. Selain mudah didapatkan, harga jual pipa sch 40 juga tergolong murah.

Pipa menjadi hal penting dalam sebuah hunian. Tanpa adanya pipa pasti Anda akan kesulitan bahkan tidak bisa mengalirkan air ke tempat tujuan. Pipa ini tentunya memiliki berbagai jenis yang bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa memilih untuk menggunakan pipa​ sch 40 untuk pengairan di rumah.​      

Pipa ini dinamakan sch 40 karena memiliki diameter schedule 40. Schedule sendiri merupakan hubungan ketebalan dinding dengan diameter. Pipa sch 40 (schedule 40) ini memiliki dua jenis yaitu pipa UOE dan pipa tanpa sambungan. Pipa jenis UOE terbuat dari pelat baja, sedangkan pipa tanpa sambungan terbuat dari silinder baja pelat. 

Mengapa harus memilih pipa sch 40​    ? Pemilihan dan penggunaan pipa ini tentunya memiliki​     berbagai manfaat ini dia informasinya untuk Anda. 

  • Pipa ini sangat cocok untuk digunakan dalam proses pembangunan karena sifatnya yang kuat dan kokoh. Selain itu, pipa ini juga tahan terhadap segala macam cuaca. Anda tak perlu mengkhawatirkan keadaan pipa ini jika melihat iklim tropis di Indonesia yang tentunya dengan cuaca tak menentu. 
  • Pipa ini juga tahan terhadap korosi atau karat. Seperti yang telah disebutkan bahwa pipa ini terbuat dari pelat baja yang tentunya memiliki kualitas terbaik. 
  • Karena terbuat dari bahan pelat baja, pipa ini tentunya akan tahan untuk mengalirkan berbagai macam hal. Tak hanya air, bahkan hingga minyak bumi dan gas juga bisa dialirkan melalui pipa ini. Namun karena Anda menggunakannya sebagai pengairan untuk hunian, pastinya pipa ini mampu mengalirkan air ke kamar mandi dan tempat-tempat lainnya. 
  • Tanpa diketahui oleh banyak orang, pipa ini pun dapat digunakan untuk berbagai hal dalam pembangunan rumah selain menjadi pengalir air. Anda bisa menggunakan jenis pipa yang satu ini sebagai tiang penyangga pada konstruksi rumah Anda, atau menjadi penyangga atap kanopi Anda. 
  • Pipa ini merupakan jenis pipa yang efisien dan praktis karena memiliki diameter dan ketebalan yang beragam dan tentunya akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan dalam proses pembangunan. 

Karena terbuat dari pelat baja, tentunya pipa ini terbilang cukup berat dan memiliki berat yang beragam. Anda bisa mendapatkan pipa dengan berat mulai dari 1,64 kg untuk ukuran ½”  dengan panjang satu meter. Hingga yang terberat adalah 203 kg untuk ukuran 16″ dengan panjang satu meter. 

Itu dia beberapa informasi mengenai pipa sch 40​ yang harus Anda ketahui. Selamat​ mencoba untuk menggunakan pipa ini dalam proses pembangunan rumah Anda. 

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *