Gaya desain arsitektur rumah dari masa ke masa terus berkembang. Kebutuhan manusia dengan tempat tinggal yang nyaman, kondusif dan indah membuat arsitektur atau desain rumah menjadi tak hanya mengenai tentang bangunan yang melindungi para penghuninya dari panas terik matahari atau juga kebasahan karena hujan namun juga visual rumah yang membuat lebih betah berada didalamnya. Untuk itu, maka tidak heran jika kini jasa arsitektur desain rumah banyak dicari dan digunakan oleh orang-orang dalam membangun rumah mereka demi mendapatkan hunian impian. 

Nah, untuk anda yang akan membangun rumah dan ingin memiliki desain atau arsitektur yang bagus sebaiknya sebelum memilih jasa arsitek bahkan jasa kontraktor interior, anda mengetahui lebih dulu beberapa rekomendasi desain arsitektur rumah yang bisa dijadikan referensi. Apa saja kira-kira? Berikut ini adalah daftarnya.

Desain Arsitektur Rumah yang Unik, Menarik dan Terpopuler

  • Skandinavia

Desain arsitektur Skandinavia sampai saat ini masih banyak dipilih oleh orang-orang sebagai desain interior rumah mereka. Hal itu karena gambaran luas dan terang yang ditawarkan oleh gaya ini lah yang menarik para keluarga muda untuk menggunakannya. Gaya ini dikenal dengan nuansa yang serba putih dengan furniture kayu berwarna terang. Meskipun terlihat simple namun menggunakan atau menciptakan gaya scandinavian untuk rumah di Indonesia perlu beberapa penyesuaian perbedaan desain di sini yang memiliki iklim tropis dan tentunya berbeda dengan negara-negara Skandinavia di Eropa sana. 

  • Mediteranian

Salah satu desain arsitektur yang paling banyak diminta oleh para pelanggan jasa arsitektur dan jasa kontraktor interior adalah gaya Mediteranian. Biasanya desain arsitektur ini digunakan untuk rumah-rumah yang berada pada wilayah tropis yang memiliki cuaca panas. Desain rumah ini terinspirasi dari rumah-rumah gaya arsitektur Portugal, Italia, dan Spanyol. Hal atau elemen utama dari rumah desain arsitektur ini adalah atap keramik yang berwarna merah dan terbuat dari batu bata dan tanah liat lalu dibentuk setengah tabung. Gaya arsitektur ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1918 namun baru mulai populer di tahun 1940. 

  • Kontemporer

Gaya rumah satu ini biasanya memiliki berbagai variasi gaya sesuai dengan kreativitas dari arsitek. Gaya arsitektur rumah satu ini memanfaatkan teknologi yang termutakhir sehingga lebih tahan terhadap cuaca jika dibandingkan dengan rumah-rumah di abad 20. Elemen yang utama dari rumah bergaya ini adalah bahan yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. 

  • Kolonial

Gaya arsitektur rumah satu ini sangat populer di Amerika Serikat. Merupakan adaptasi sekaligus terinspirasi dari pengaruh Eropa di abad 18. Ciri-ciri dari rumah bergaya ini adalah memiliki bentuk persegi dengan pintu masuk di bagian depan tengah, lalu satu jendela besar di atas pintu dan cukup banyak jendela di lantai dua-nya. 

Demikianlah beberapa desain arsitektur rumah yang paling banyak dipilih oleh orang-orang saat ini. Sudah cukup banyak orang di Indonesia yang meminta pada jasa arsitektur dan jasa kontraktor interior untuk membuat desain rumahnya seperti desain-desain di atas. Jadi, kapan giliran anda?

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *